Jajan Healthy Food Kaya Manfaat di Warung

Masih ingat dengan jajanan warung tahun 90-an yang disebut “permen” sanca? Kenapa disebut sanca ya, padahal pada kemasannya yang berwarna pink sama sekali tidak ada tulisan sanca? Ternyata nama sanca ini berasal dari nama bahan utama dalam “permen” ini, yaitu buah shan zha.



Jajanan Warung Impor


Sanca memang bukan permen biasa, melainkan manisan dari buah shan zha. Penyebutan shan zha ini berasal dari Tiongkok, sedangkan dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai white hawthorn atau hawthorn berries. Makanya pada kertas pembungkus sanca tertulis Haw Flakes yang berarti kepingan tipis haw, mengacu pada bentuknya yang seperti koin tipis dan buah hawthorn sebagai bahan bakunya.


Buah hawthorn biasanya ditemukan di daerah Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Buah berwarna merah ini memiliki rasa asam segar yang khas dengan sedikit rasa manis. Karena rasanya yang enak inilah, buah hawthorn dapat dinikmati dengan berbagai macam cara.


Si Buah Kecil yang Bermanfaat


Bukan hanya rasanya yang enak, buah hawthorn kaya akan manfaat kesehatan sehingga sudah ratusan tahun digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Berikut manfaat kesehatan dari buah kecil ini.


Sumber Antioksidan

Buah hawthorn kaya akan polifenol, senyawa antioksidan yang kuat. Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh kita karena bisa menimbulkan berbagai penyakit. Karena kandungan polifenol inilah, buah hawthorn dipercaya dapat mengurangi berbagai risiko penyakit, seperti kanker, diabetes tipe 2, asma, dan penuaan dini pada kulit.


Baik untuk Jantung

Buah hawthorn mengandung beberapa senyawa bioaktif, yaitu senyawa flavonoid, fenol, dan procyanidin oligomer. Senyawa bioaktif yang ditemukan dalam buah hawthorn ini memiliki efek yang besar dalam pengobatan gagal jantung kronis. Hal ini dikarenakan buah hawthorn meningkatkan fungsi jantung dan dapat mengurangi gejala gagal jantung, seperti sesak nafas dan kelelahan.


Mengatasi Angina

Selain itu, buah hawthorn juga merupakan obat alami yang efektif untuk mengatasi angina. Angina adalah rasa sakit, nyeri, atau tidak nyaman di dada yang terjadi ketika jantung tidak mendapatkan oksigen yang cukup.


Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Banyak penelitian menunjukkan buah hawthorn dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah. Kadar LDL dan trigliserida yang terlalu tinggi dalam darah dapat menyebabkan penyumbatan arteri yang mengarah pada jantung dan otak. Karena itu, mengkonsumsi buah hawthorn juga baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular, seperti jantung dan stroke.


Menstabilkan Tekanan Darah

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, buah hawthorn sering diresepkan untuk penderita tekanan darah tinggi. Beberapa penelitian membuktikan buah hawthorn dapat menurunkan tekanan darah dengan cara memperlebar pembuluh darah. Hal ini membuat buah hawthorn dipercaya dapat membantu mengobati penyakit tekanan darah tinggi.


Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam buah hawthorn membantu melancarkan pencernaan. Karena itu, buah hawthorn baik untuk mengatasi berbagai masalah gangguan pencernaan, seperti sembelit dan diare. Selain itu, serat dalam buah hawthorn juga berfungsi sebagai probiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan.


#hawthorn #sanca #healthy #healthyfood #yomieblog #yomiesindonesia

39 views0 comments