Manfaat Probiotik dalam Makanan dan Minuman Healthy

Sudah tahu belum? Probiotik sangatlah baik untuk kesehatan seimbang. Bukan hanya sehat, probiotik juga bisa menjaga berat badan. Makanan dan minuman healthy apa saja yang mengandung probiotik? Inilah kehebatan dari probiotik.


Kekuatan Super dari Probiotik


Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang sering kita kenal dengan bakteri baik. Bakteri baik ini berperan sebagai penyeimbang di dalam usus. Di dalam usus kita terdapat berbagai macam bakteri. Bakteri-bakteri ini mempengaruhi cara usus menyerap gizi dari makanan. Selain bakteri baik, ada juga bakteri jahat. Probiotik melawan bakteri jahat ini sehingga keseimbangan itu tercapai.


Menjaga keseimbangan mikroorganisme dalam usus tidak hanya membuat kita lebih sehat. Ketika usus kita menyerap gizi dengan benar, berat badan kita tidak akan mudah bertambah. Beberapa orang bahkan melakukan diet probiotik. Diet probiotik ini bukan untuk menurunkan berat badan secara drastis. Tujuan diet ini adalah untuk menjaga kesehatan seimbang dalam jangka panjang.


Makanan dan Minuman Healthy Sumber Probiotik


Probiotik dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Brand produk kesehatan seperti Blackmores menyediakan suplemen probiotik. Yakult juga adalah salah satu suplemen makanan yang mengandung probiotik. Tapi kita juga bisa memilih makanan dan minuman healthy di bawah ini sebagai sumber probiotik.



minuman dingin yogurt
Fresh Yogurt

Yogurt

Yogurt kaya akan probiotik. Biasanya yogurt diolah dari susu sapi yang difermentasi. Dalam proses fermentasi, akan terbentuk gula dan probiotik secara alami. Ini sebabnya yogurt biasanya terasa manis.


Miso Soup

Nah, untuk penggemar makanan Jepang, ada kabar baik untukmu. Miso soup juga mengandung probiotik. Bahan dasar miso adalah kacang kedelai, jamur koji dan garam. Bahan-bahan ini difermentasi sehingga menghasilkan saus miso. Itu sebabnya kita menggunakan air hangat dan bukan air panas untuk menyeduh saus miso. Air panas akan membunuh probiotik dalam saus miso.


Kimchi

Bukan hanya enak, ternyata kimchi mempunyai manfaat kesehatannya juga. Makanan khas Korea ini dibuat dengan proses fermentasi. Karena itulah kimchi selalu disimpan di tempat yang sejuk. Sebelum ada lemari pendingin, orang Korea membuat dan menyimpan kimchi di dalam tanah.


Roti Sourdough

Roti sourdough hanya terbuat dari tepung dan air. Se-simple itu? Bahannya memang sederhana, tetapi membuat roti ini membutuhkan proses yang panjang. Dibutuhkan waktu berhari-hari untuk membuat biang roti. Dari proses fermentasi yang panjang ini, terbentuklah probiotik dalam roti sourdough.


Tempe

Kalau tadi kita membahas makanan dan minuman dari luar negeri, sekarang kita lihat produk lokal. Tempe dihasilkan dari kacang kedelai yang difermentasi dengan ragi tempe. Proses fermentasi memakan waktu sekitar 2 hari hingga siap dikonsumsi.

Nah, itulah tadi sumber probiotik dari makanan dan minuman healthy. Dari daftar makanan dan minuman di atas, saya paling suka dengan yogurt. Selain frozen yogurt, ada juga yogurt yang bisa diminum. Minum yogurt lebih praktis karena mudah dibawa dan tidak berantakan. What about you? Sumber probiotik mana yang paling kamu suka? #yogurt #diet #minumandiet #stayhealthy #minumandingin #yomieblog #yomiesindonesia

15 views0 comments