Minuman Dingin Dengan Manfaat Superfood

Belakangan ini ada minuman dingin di Jakarta yang sedang hits. Sudah dengar minuman baru yang terbuat dari yogurt dan purple rice? Kebanyakan orang sudah tahu apa itu yogurt dan berbagai macam manfaatnya. Bagaimana dengan purple rice?


Dalam bahasa Indonesia, purple rice dikenal sebagai beras hitam. Bentuknya sangat mirip dengan beras putih, hanya saja warnanya gelap. Beras hitam dapat juga ditanak untuk menjadi nasi. Setelah ditanak, warna hitam tersebut akan berubah menjadi ungu. Konon katanya, purple rice adalah makanan eksklusif bagi kaisar Tiongkok. Namun sekarang siapapun dapat menikmati superfood ini.


Purple Rice, Si Superfood Sumber Energi


Antioksidan membuat purple rice berwarna pekat. Semakin pekat warna alami makanan, semakin banyak antioksidan yang dikandungnya. Contoh makanan lain yang mengandung antioksidan adalah blueberry dan ubi merah. Antioksidan berperan sebagai penangkal radikal bebas. Dengan kadar antioksidan yang cukup, tubuh tidak akan mengalami oxidative stress yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan kanker.


Purple rice juga kaya akan serat. Tubuh kita memerlukan serat agar pencernaan lancar. Dengan mengkonsumsi cukup serat, kita akan terhindar dari sembelit, bahkan menjaga kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh. Serat adalah karbohidrat kompleks yang tidak ikut dicerna oleh tubuh. Serat juga dapat membantu menurunkan berat badan karena membuat kita kenyang lebih lama, dan penyerapan nutrisi lebih lambat.


Sebagian besar sel tubuh kita terdiri dari protein. Karena itu protein sangat penting untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Protein dapat membangun jaringan tubuh seperti kulit bahkan tulang. Purple rice ini kaya akan protein nabati. Protein jenis ini lebih baik untuk kesehatan tubuh, karena sumbernya tidak mengandung lemak.


Vitamin E yang terkandung dalam purple rice berguna dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin E juga baik untuk kesehatan kulit, sebagai penyeimbang hormon, bahkan menjadi penunjang pada masa kehamilan. Vitamin E dapat melindungi asam lemak kritis pada janin, bahkan berdampak pada tahap awal perkembangan otak dan syaraf.


Purple rice juga dapat membantu mencegah anemia. Zat besi yang terkandung di dalamnya membantu pembentukan sel darah merah. Sel darah merah harus terus diproduksi karena masa aktifnya hanya 120 hari. Setelah itu, sel darah merah akan dihancurkan dan digantikan dengan yang baru. Karena itu, asupan zat besi perlu dijaga.


Purple rice juga dapat membantu mencegah anemia

Cara Mengkonsumsi Purple Rice


Beras hitam berbeda dengan ketan hitam karena bentuknya lebih mirip beras putih pada umumnya. Purple rice dapat diolah sama seperti nasi putih. Untuk menambah rasa, kamu bisa mengikuti cara ini:


  1. Cuci beras hitam tiga sampai empat kali dengan air dingin.

  2. Masukan air dengan perbandingan 2 gelas air untuk setiap gelas beras ke dalam panci.

  3. Didihkan dan masukkan satu sendok makan olive oil dan sedikit garam. Sebagai alternatif, bisa juga menggunakan kaldu atau air kelapa.

  4. Tutup panci dan kecilkan api. Diamkan sekitar 20 menit hingga seluruh air sudah diserap oleh beras.

  5. Angkat panci dan diamkan selama 5 menit tanpa membuka tutupnya.


Bagi fans minuman dingin yang enak, ada cara yang lebih mudah untuk mengkonsumsi purple rice. Kamu bisa mencoba Yomie’s Purple Rice Yogurt. Minuman ini cocok buat kamu yang tidak terlalu suka manis. Bukan hanya rasanya yang enak, purple rice dalam minuman ini dapat dikunyah. Minuman ini cukup mengenyangkan, tapi tidak membuat gemuk. Segera cek Yomie’s Spot yang paling dekat denganmu.


#purplerice #diet #minumanhealthy #minumandingin #yomieblog #yomiesindonesia

149 views0 comments